Prospek Kerja Lulusan Desain Interior

Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali merupakan kampus desain terdepan dalam memahami perkembangan arah dunia pendidikan tinggi khususnya dalam bidang desain kreatif. IDB Bali telah diakui sebagai kampus paling responsif menyikapi tuntutan pasar desain masa kini yang bernuansa modern berbasis teknologi digital, sehingga sangat tepat menjadi pilihan kaum milenial. Salah satu jurusan favoritnya adalah Desain Interior (DI). Jurusan DI telah terbukti berhasil mencetak sarjana-sarjana handal, yakni seorang desain interior yang siap pakai. Desainer interior yang siap berkiprah di kancah desain kreatif dalam kerja profesional, baik secara mandiri maupun sebagai bagian dari tim desain. Namun, ada baiknya diperkenalkan kembali apa yang dimaksud dengan Desainer Interior dan prospek kerjanya di ranah jasa konstruksi?

Desainer Interior

Desainer interior merupakan seorang desain interior yang ahli dalam merencanakan, merancang, dan menghias interior properti bangunan baik itu perumahan, komersil, ataupun industri. Desainer Interior berupaya membuat desain yang praktis, tetap estetis, aman dan nyaman sesuai dengan standar rancang bangun interior serta tema-konsep penataan yang diinginkan pemakainya. Hal ini secara umum dipahami sebagai sebuah desain yang ergonomis. Hasil rancang bangun setiap elemen ruang dalam, seperti lantai, dinding, plafon dengan sentuhan berbagai aspek estetika yang menyangkut proporsi, focal point, harmoni, unity,  komposisi warna, dan komponen keindahan lainnya yang kompak dengan furnitur sehingga tampil praktis ergonomis.

Tujuan akhirnya agar mampu meningkatkan produktivitas para civitas atau pemakai sebuah ruangan, meningkatkan penjualan sebuah produk komoditas, atau menunjang pencapaian standar taraf gaya hidup (life style) tertentu. Desainer interior dengan demikian dapat menempatkan dirinya sebagai seorang ahli secara teoritis maupun praktik dalam bidang gaya interior atau sebagai seorang spesialis yang hanya spesifik menangani salah satu dari tahap-tahapan tertentu dalam pekerjaan konstruksi desain interior.

Prospek Kerja Desainer Interior

Desain interior sudah menjadi salah satu jurusan populer karena peluang karir yang dimiliki cukup besar. Apa saja prospek kerja jika lulus dari jurusan desain interior dan menjadi desainer interior? Peluang kerja terbuka sangat luas bagi para tamatan desain interior saat ini, karena ada banyak lapangan pekerjaan yang membutuhkan jasa desainer interior, demikian pula tersedia sejumlah perusahaan konstruksi yang membuka peluang bagi para desainer interior. Secara umum profesi yang dapat ditekuni antara lain sebagai desainer interior, dekorator interior, konsultan interior, kontraktor interior, pengusaha furnitur, akademisi, Aparat Sipil Negara (ANS) dan masih banyak lagi yang lain, baik secara mandiri ataupun bekerja pada sebuah perusahaan swasta/institusi pemerintah. Secara lebih spesifik peluang kerja desainer interior sangat bervariasi antara lain:

  • Bekerja pada Perusahaan Jasa Konstruksi

Langkah awal yang tepat sebagai desainer interior apalagi baru lulus dari jurusan desain interior adalah bekerja pada perusahaan jasa konstruksi. Bekerja pada perusahan jasa konstruksi sekaligus menjadi peluang belajar bekerja secara profesional, melatih terbiasa bekerja dalam tim work, terstruktur dalam pengelolaan berbagai jenis proyek interior, mengembangkan relasi dengan produsen/bengkel kerja interior, distributor produk dan material bangunan serta administrasi proyek, pengelolaan kantor dan personal serta aspek kerja lainnya di perusahan jasa konstruksi. Singkatnya bekerja pada jasa konstruksi memberi kesempatan untuk mendapatkan banyak pengalaman di dunia desain interior baik ketrampilan manajemen maupun teknis.

  • Membuka Layanan Sendiri

Desainer interior bisa mencoba membuka layanan jasa desain interior sendiri, tanpa harus bergabung dengan perusahaan konstruksi. Karier ini bisa dimulai dengan menjalankan bisnis ini sendiri. Namun, hal ini akan jauh lebih mudah untuk dijalankan jika sudah mempunyai pengalaman sebelumnya, termasuk relasi yang luas dengan supplier produk interior atau toko bangunan, konsultan interior, pengusaha properti, dan institusi pemerintah, dan yang terpenting “kepercayaan” dari klien sebelumnya.

  • Freelancer

Salah satu prospek kerja desainer interior yang bisa dipilih adalah menjadi freelancer. Freelancer merupakan salah satu pekerjaan yang sangat menyenangkan, karena fleksibelitas waktu dan tempat, dan pastinya akan membuat pengalaman semakin bertambah. Satu hal yang terpenting adalah menjaga kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian proyek, sehingga kepercayaan klien tetap terjaga bahkan mereka akan menjadi bagian dari promosi bagi calon-calon klien baru. Teknik promosi diri dapat dilakukan dengan membuat portofolio dan pasang harga yang negosiatif saat menawarkan jasa desain interior. Jumlah penghasilan yang bisa didapat tentu sangat bergantung dari besar dan kuantitas proyek yang dikerjakan.

  • Drafter

Drafter juga pilihan menarik bagi lulusan desain interior. Drafter bertugas menerjemahkan sketsa desain dari desainer interior senior menjadi gambar teknik. Gambar tersebut akan menjadi acuan rancangan desain interior dan produksi di bengkel kerja. Keahlian gambar teknik, sistem konstruksi, pengetahuan dimensi dan karakter bahan bangunan sangat dibutuhkan sebagai seorang drafter di samping kemampuan membuat visualisasi desain untuk dipahami oleh klien dan memudahkan proses produksi oleh tukang bangunan.

  • Konsultan Interior

Konsultan interior menjadi salah satu profesi yang bisa digeluti lulusan desain interior. Peran konsultan saat ini memang sangat dibutuhkan di berbagai bidang. Konsultasi disain bisa dengan memberikan saran dan masukan mengenai desain interior yang sudah dibuat oleh orang lain atau menjadi konsultan interior sekaligus mendesain untuk perusahaan-perusahaan kecil, menengah maupun besar. Sebagai konsultan tentu masukan disain yang diberikan, akan sangat diperhatikan dan memiliki pengaruh besar. Ada banyak perusahaan yang akan menerima seorang konsultan interior.

  • Distributor Produk Interior

Saat ini sangat banyak produk interior baru yang membutuhkan distributor produk untuk mencapai pangsa pasar yang luas secara cepat, sehingga prospek bekerja dibidang distributor produk interior juga cukup menjanjikan. Selain sebagai distributor, sebenarnya juga bisa mencoba berbisnis dengan memproduksi sendiri, tentunya dengan kreasi disain unik sekaligus menggunakan kombinasi antara produk bahan konvensional dan kelebihan material baru yang ditawarkan. Cara ini cenderung mencapai tingkat keberhasilan yang lebih baik.

  • Bisnis Properti

Peluang bisnis properti saat ini semakin menggiurkan dengan peningkatan permintaan pasar properti seiring pertumbuhan penduduk dan peningkatan tingkat kesejahteraan masyarakat. Bagi desainer interior yang punya bakat bisnis, maka bisa menekuni bisnis properti. Kelihaian menjalankan bisnis yang satu ini sangat menjanjikan penghasilan yang tak terbatas. Pengetahuan teoritis yang didapat di jurusan desain interior dan pengalaman praktis sebagai desainer interior sangat menunjang untuk mempromosikan properti kepada konsumen.

  • Akademisi

Jika tertarik untuk terjun di dunia pendidikan dan ikut berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa, maka silakan memilih menjadi akademisi. Pilihan menjadi guru atau dosen untuk jurusan desain dan staf akademik di perguruan desain sangat terbuka bagi lulusan desain interior. Namun, agar bisa menjadi dosen, maka syarat dasar lulusan terakhir minimal S2 (magister) mesti diselesaikan terlebih dahulu, lalu masukkan lamaran untuk menjadi dosen pada perguruan tinggi negeri atau swasta yang saat ini sedang membutuhkan. Penghasilan yang akan peroleh dengan bekerja sebagai pendidik cukup memuaskan. Mulai dari Rp. 3.000.000 dan bisa terus bertambah sesuai dengan jenjang karier jabatan akademik, keahlian dan pengalaman akademik yang dimiliki. Peluang mencari tambahan penghasilan dapat dilakukan dengan cara menulis buku, jalur hibah penelitian maupun mengikuti proyek karya ilmiah lainnya. Para dosen desain banyak juga yang merangkap sebagai desainer konsultan di berbagai perusahaan atau menjadi tenaga ahli di pemerintahan, sehingga akan menambah penghasilannya.  

  • Peneliti di Bidang Desain

Lulusan desain interior saat ini juga bisa bekerja sebagai peneliti. Desainer interior sebagai peneliti dapat menekuni penelitian di bidang desain dengan bekerja di laboratorium desain dengan sejumlah peralatan teknik kedisainan. Hasil-hasil penelitian desain tentu akan sangat bermanfaat untuk kemajuan dunia desain interior baik bagi pengembangan pengetahuan teoritis, kualitas dan kreasi grafik desain, rekayasa material bangunan, maupun teknis kerja aplikatif.

  • Aparatur Sipil Negara (ASN)

Setelah menyelesaikan studi dari jurusan desain interior juga terbuka pilihan untuk menjadi ASN. Selama memenuhi persyaratan administrative dan ada kesempatan untuk mendaftar serta ikut seleksi maka tak ada salahnya dicoba. Tamatan desain interior biasanya dibutuhkan di Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perindustrian, juga Kementerian Sekretariat Negara. Sebagai ANS tentu akan mendapatkan gaji yang terjamin.

Nah, uraian di atas memberikan gambaran sejumlah prospek kerja seorang desain interior yang ternyata sangat luas dan terjamin. Informasi tersebut mudah-mudahan bisa menjadi salah satu faktor yang meyakinkan kaum milenial untuk semakin bersemangat memutuskan untuk kuliah di jurusan desain interior yang sudah tersedia di Program Studi Desain Interior, Institut Desain dan Bisnis Bali Denpasar.


I Putu Gede Suyoga, ST.,M.Si.

Dosen Program Studi Desain Interior IDB Bali