5 Brand Keramik Lokal yang Unik dan Instagramable

Berkembangnya Tren Keramik Buatan Tangan

Saat ini, tren keramik sudah mulai diminati oleh kaum urban dan milenial.  Berkembangnya industri café dan restaurant dengan interior yang instagramable, tentu membuat kebutuhan keramik tableware yang unik untuk menambah estetika makanan dan minuman saat difoto. Menariknya tren keramik saat ini tidak hanya dari estetikanya saja, namun keramik buatan tangan yang tidak sempurna serta cerita dibalik pembuatannya menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum urban saat ini.

Brand keramik lokal pun turut menjadi sorotan bagi para penikmat home décor. Dikarenakan kualitas keramik lokal memiliki karakter dan keunikan yang membuat para pecinta home décor maupun pemilik café melirik brand-brand tersebut. Selain itu, pengiriman yang cepat serta komunikasi pembelian yang mudah turut menjadi pendukung melesatnya industri keramik lokal di Indonesia. Tableware seperti piring, gelas kopi, mug, mangkok atau bahkan vas bunga yang cantik dapat digunakan sebagai hiasan dalam dapur atau melengkapi saat santai menikmati kopi sambil menghasilkan kualitas konten foto yang menarik. Jika anda sedang mencari brand keramik yang unik dan instagramable, ada 5 brand keramik lokal anak muda dengan kualitas baik dan buatan tangan yang dapat menjadi inspirasi aksesoris pelengkap home décor anda

Tekuni Keramik

Tekuni keramik adalah brand keramik lokal yang mengemas desain mereka bagi pecinta binatang. Dibuat oleh Jesika Karina Tirtanimala yang memberikan sentuhan personal ke dalam keramiknya. Bahkan di Tekuni Keramik, anda bisa memesan keramik dengan bentuk binatang peliharaan atau binatang kesukaan anda secara pribadi.  Tekuni keramik juga sering mengadakan workshop untuk membuat keramik yang lucu-lucu di workshop space mereka  di Ketewel Bali.

Produk dari Tekuni Keramik ( Sumber : instagram @tekuni_keramik )

Jesika sendiri ingin membuat produk tekuni keramik sesuai untuk hadiah dengan harga yang terjangkau. Tekuni keramik dominan menggunakan bahan material lokal dengan inspirasi tersebsarnya adalah binatang dan alam.  Tertarik untuk memesan salah satunya? Silahkan cek instagram mereka @tekuni_keramik atau dapat berkunjung ke studio mereka di Jalan Raya Ketewel, Gg. Kecubung Sari Gianyar.

Kaloka Pottery

Nama Kaloka Pottery memang tidak asing lagi di aksesoris industri restaurant dan café. Produknya yang mengutamakan kebutuhan pengguna serta keunikan buatan tangan menjadi daya tarik tersendiri. Prinsip Kaloka Pottery sendiri adalah menuangkan jiwa dan cinta tukang keramik di Indonesia ke dalam produk mereka. Dimiliki oleh Francisca Puspitasari atau Kika sejak tahun 2016 yang berpusat di Jogjakarta. Kaloka diambil dalam bahasa Sansekerta yang berarti termahsyur atau terkenal.

Produk dari Kaloka Pottery ( Sumber : instagram @kaloka_pottery )

Kaloka pottery memiliki keunikan menjadi trend–setter tableware dalam menciptakan warna, tekstur, motif dan berprioritas ke custom-made sesuai dengan pesanan dari klien. Buat anda pemilik café atau restaurant, anda bisa memesan ke Kaloka Pottery untuk membuat keramik yang sesuai brand anda. Buat yang akan main ke Jogjakarta, bisa mampir ke Kaloka Pottery Retail dan Workshop di Bausasran Danurejan DN3 NO.695, Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta.

Ayu Larasati Keramik (Alarasati)

Ditemukan oleh Ayu Larasati yang awalnya mencoba mengembangkan bisnis keramik saat menempuh kuliahnya di Industri Desain di Toronto Amerika Serikat. Ayu mulai membangun produk handmade keramik ini hingga memiliki market yang cukup baik di Amerika sebelum akhirnya membuat studio di Jalarta pada tahun 2014.

Produk dari Ayu Larasati Keramik ( Sumber : instagram @alarasati )

Produk dari Alarasati Keramik memiliki karakter yang sederhana dengan warna-warna lembut. Salah satu produknya yang unik yaitu tekstur dengan kombinasi pasir kasar yang dapat kita rasakan saat menyentuh keramik dari Alarasati. Bentuk yang menghargai ketidak-sempurnaan menjadi estetika tersendiri dalam penyajian makanan. Jika anda memiliki interior rumah dengan tema scandinavian, keramik Alarasati cocok ditempatkan sebagai aksesoris pelengkap dapur anda. Silahkan berkunjung ke instagram Ayu Larasati Keramik di @alarasati  atau mengunjungi Unearth Space di Gandaria Jakarta Selatan untuk membeli produk-produk dari Alarasati.

Produk dari Ayu Larasati Keramik di Unearth Space ( Sumber : instagram @alarasati )

Sajiva Keramik

Nama Sajiva memang terkenal lebih ke kopinya yang enak. Setelah berkembang di industri café, Sajiva mengambil peluang bergerak ke industri Keramik.  Mulai dari mengadakan kelas dan workshop dengan konsep café and ceramic. Keramik dari Sajiva sendiri tergolong memiliki kualitas yang bagus, Sajiva menawarkan tableware dengan bentuk yang berbeda sehingga penyajian makanan dapat lebih terlihat estetik. 

Produk dari Sajiva Keramik ( Sumber : instagram @sajivaceramics )

Bentuk yang tidak biasa ini ternyata saat ini makin digemari oleh para pemburu tableware. Selain dapat dijadikan pajangan, bentuk yang berbeda menambah pengalaman ketika makan, dan tentunya konten foto yang dihasilkan saat memfoto makanan akan tampak lebih istimewa.  Bagi anda yang tertarik untuk melihat produk dari Sajiva, bisa datang ke Sajiva Coffe and Ceramic di The Excelis Ruko Pinangsia Blok E No.21, Jalan Imam Bonjol Karawaci Tangerang. Atau dapat mengunjungi instagram mereka di @sajivaceramics.

Bentuk unik dari Sajiva Keramik ( Sumber : instagram @sajivaceramics )

Kandura Studio

Mengedepankan bentuk dan warna yang beragam, Kandura Studio mengawali kancah mereka di industri keramik pada tahun 2005 yang diawali oleh Fauzy (Desainer Produk),  Ghya dan Tisa (Seni Keramik). Pada tahun 2010, bergabung Nuri (Seni tekstil). Keempat anak muda ini kemudian berkolaborasi membentuk desain unik yang menjadi karakter Kandura Studio. 

Produk dari Kandura Studio ( Sumber : instagram @kandurastudio )

Alam masih menjadi inspirasi besar bagi Kandura, selain warna-warna dasar yang lebih earthy, inspirasi warna alam seperti daun, bunga, langit, serta matahari tenggelam  turut menjadi bagian dari produk-produk Kandura. Bagi anda yang tetap ingin menampilkan motif nusantara, Kandura juga berkolaborasi dengan pengrajin keramik di Lombok dan menghasilkan koleksi Meno dengan motif khas Lombok serta tekstur dan cara pengerjaannya yang menggunakan asam jawa.

Koleksi Meno dari Kandura Studio ( Sumber : instagram @kandurastudio )

Koleksi Kandura dapat anda jadikan aksesoris ruang makan dengan tema kontemporer, atau pop art karena warna-warnanya yang menarik. Produk Kandura Studio dapat anda temukan di rumah mereka di Jalan Bangka IX nomor 64 Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, atau melihat galeri mereka di instagram @kandurastudio. Biasanya mereka juga mengadakan bazar, pameran dan juga workshop.

Pameran dari Kandura Studio

Sumber : instagram @kandurastudio Dari kelima brand lokal diatas, semoga  salah satunya dapat dijadikan inspirasi aksesoris pemanis  rumah anda. Keramik-keramik diatas memiliki kesamaan yaitu menggunakan bentuk,  warna, motif dan tekstur yang tidak biasa, sehingga menghasilkan pengalaman di meja makan, serta menambah kualitas konten foto yang anda hasilkan. Bentuk, warna, motif, tekstur juga dapat dijadikan pertimbangan dalam menyesuaikan aksesoris tableware apa yang tepat dan sesuai dengan home décor rumah atau cafe anda. Tentu saja daftar brand lokal ini terbuka dan akan selalu berkembang, karena Indonesia sangat kaya akan material dan sumber daya manusianya yang terampil dalam ber-inovasi di industri kreatif.