Perhelatan Seminar Internasional “IMADE” 2022 Kembali Digelar Oleh Institut Desain dan Bisnis Bali

Masih dalam masa pandemi yang berkepanjangan, menuntut kreativitas yang tidak pernah padam. Harus kreatif untuk mengisi ilmu dalam kehidupan. Di antara ilmu-ilmu tersebut adalah Desain, Manajemen, Teknologi Informasi yang sangat menunjang dalam kehidupan. Maka, The 2nd International Conference on Information Technology, Multimedia, Architecture, Design and E-Business (IMADE) yang diselenggarakan oleh IDB Bali mengangkat tema “Empowering Digital Technologies, Creative Design and Business Innovation for Post Pandemic Recovery”.

The Second International Conference on Information Technology, Multimedia, Architecture, Design, and E-Business (IMADe) 2022 oleh Institut Desain dan Bisnis (IDB Bali) dilaksanakan secara virtual pada tanggal 25 Agustus 2022. Rektor IDB Bali, Ibu Dr. Ni Kadek Suryani, S.E., SIKom, M.M.. dalam sambutannya menyampaikan, bahwa konferensi internasional kedua yang diadakan oleh IDB Bali ini merupakan hasil kerjasama tanpa batas dan bukti bahwa IDB Bali semakin memantapkan kiprahnya di dunia internasional dengan mengangkat isu-isu global dalam perspektif ilmiah dunia pendidikan.

Dengan demikian, seminar tingkat internasional IMADe kedua ini mengakomodasi berbagai ide cemerlang dari akademisi, pejabat, pelaku industri kreatif, dan pembuat kebijakan dari seluruh dunia untuk berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan, dan industri kreatif, baik di Indonesia hingga tingkat global. Serta berkreasi di era pandemi, mewujudkan kebersamaan, dan kolaborasi dari berbagai bidang keilmuan. Untuk itu, seminar internasional IMADe ini menghadirkan tujuh orang pembicara utama, yaitu: Ibu Agnieszka Ziemiszewska, Ph.D – Akademisi, Desainer Grafis, dan Kurator Seni dari Polandia; Bapak Joseph JU Taylor, Ph.D – Akademisi Seni Sinema & Televisi, Ekuitas Aktor, dan anggota aliansi Seni Media & Hiburan dari Australia; Bapak Cokorda Pramartha, Ph.D – Akademisi Jurusan Ilmu Komputer dan Magister Administrasi Bisnis Universitas Udayana dari Indonesia; Ibu Manuela Catania – Desainer Italia dan Dosen Desain Mode di ESMOD University, Kuala Lumpur dari Italia; Bapak Georgios Leventis, Ph.D – Akademisi Universitas Teknologi Siprus, dan Magister Sains dalam Informatika Budaya dari Siprus; Bapak Rob van Loon – Akademisi Ilmu Terapan Breda University, dan Penguji Eksternal untuk Gelar Associate Pariwisata dari Belanda; dan Bapak Nilton Diamantino Paiva Mau, Ph.D – Akademisi Institut Profesional Canossa dari Timor Leste.

Para keynote speaker tersebut dipandu oleh Bapak Andreas James Darmawan, S.Sn., M.Sn., selaku moderator utama, sedangkan untuk sesi pararel yang diikuti oleh 50 peserta, dibagi sesuai tiga sub-topik, yaitu: Teknologi Informasi; Desain & Arsitektur; dan Manajemen & Bisnis. Masing-masing dipandu oleh moderator panel, yaitu: Bapak Freddy Hendrawan, Ph.D., Bapak Dion Eko Prihandono, S.T., M.Sc., dan Bapak Dr. I Putu Gede Suyoga, S.T., M.Si.

Sejumlah artikel terbaik hasil penelitian para partisipan merupakan pengembangan dari tiga sub-topik tersebut. Secara garis besar hasil studi partisipan mengungkapkan kreativitas desain dalam rangka memberdayakan teknologi digital, desain kreatif dan inovasi bisnis untuk pemulihan pasca pandemi. Berbagai desian kreatif dari seorang desainer grafis, arsitek, desainer interior, desainer perkotaan, desainer AI (Artificial Intelligent), atau bahkan creative-preneuer tampak mengemuka dalam memenuhi kebutuhan pemulihan kehidupan pasca pandemi.

Bapak Fredy Susanto, S.Kom., M.Kom., selaku ketua komite IMADe 2022 melaporkan bahwa seminar internasional ini diikuti oleh 50 pemakalah dengan total 26 artikel dari 7 perguruan tinggi yang berasal dari Indonesia. Kegiatan yang mendapatkan sambutan hangat dari perguruan tinggi mitra ini juga didukung oleh Universitas Udayana, Institut Bisnis dan Teknologi Indoensia, Universitas Pelita Harapan, Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global, dan Universitas Budi Luhur. Acara tersebut juga disukseskan oleh dukungan Bank Mandiri, BNI, dan Avatar Solution.

Kegiatan seminar internasional yang diselenggarakan dalam periode dua tahunan ini, rencananya akan diselenggarakan setiap tahun sekali. Dengan harapan, mampu memberi sumbangan pemikiran kreatif menghadapi pergulatan kehidupan global dan kegiatan akademik IDB Bali ini sekaligus semakin membuka peluang kepada calon mahasiswa yang tertarik dengan bidang desain dan bisnis untuk bergabung menjadi bagian industri kreatif Indonesia khususnya di Bali.