Serah Terima Website Desa Jelijih Punggang Pupuan

Digitalisasi menjadi suatu keniscayaan untuk mengembangkan diri di era globalisasi informasi dan komunikasi saat ini. Pemahaman tentang fenomena ini rupanya telah lama ditangkap oleh para pengurus desa di Desa Jelijih Punggang. Desa Jelijih Punggang yang berlokasi di Kecamatan Pupuan Tabanan ini, menjadi salah satu desa yang mengembangkan visi pembangunan sektor ekonomi desa berbasis digital.

Upaya terdepan yang dilakukan adalah mengembangkan Website Desa dengan bekerjasama dengan kampus IDB Bali. Kampus IDB Bali telah berhasil memfasilitasi pengembangan Website Desa Jelijih Punggang tersebut dengan sejumlah konten menarik, di antaranya potensi sumber daya desa dalam bidang pertanian, budidaya pasca panen, kerajinan rumah tangga, dan jajanan tradisional.

Acara penyerahan Website Desa Jelijih Punggang telah dilakukan pada tanggal 18 Januari 2023 lalu secara langsung di kantor Desa Jelijih Punggang Pupuan. Acara dihadiri oleh pihak pengurus desa, perwakilan pengusaha UMKM Jelijih Punggang Pupuan, LPPM bersama beberapa dosen dan mahasiswa selaku perwakilan kampus IDB Bali.

Harapan terbesar dari serah terima Website ini adalah agar nantinya platform itu dapat dikembangkan lagi konten-kontennya sesuai perkembangan industri pertanian dan rumah tangga yang semakin berkembang di desa. Demikian juga, dapat ditambahkan dengan sumber informasi potensi desa lainnya yang sedang dikembangkan saat ini.

Pelibatan generasi muda dari berbagai kelompok sekeha taruna-taruni banjar, juga menjadi penting diarusutamakan mengingat merekalah yang lebih fasis mengaplikasikan gedjet, sehingga perlu diarahkan ke hal-hal positif demi kemajuan desa secara keseluruhan dan mendukung program digitalisasi desa yang telah dicanangkan.