Keberhasilan Gemilang: Dosen Interior IDB Bali Memenangkan Dana Hibah PKM dari DIKTI

Dosen Prodi Desain Interior di Institut Desain dan Bisni (IDB) Bali telah mengukir prestasi gemilang dengan berhasil meraih dana hibah Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (DIKTI). Prestasi ini sekaligus menandai komitmen IDB Bali dalam mendukung hilirisasi keilmuan di bidang desain interior.

Tim peneliti yang terdiri dari Dr. Ni Made Emmi Nutrisia Dewi, ST., MT, Freddy Hendrawan, ST., MT., PhD., dan Ni Nyoman Sri Rahayu, ST., MT merupakan dosen-dosen berpengalaman di Prodi Desain Interior IDB Bali telah berhasil meraih dana hibah PKM dalam kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh DIKTI. Proyek pengabdian mereka, yang berfokus pada pengembangan solusi kreatif dalam pembuatan elemen-elemen interior dari sampah an-organik di TPS 3R KSM Kubu Lestari, Denpasar Selatan, telah mendapat pengakuan tinggi dari para juri. Konsep yang inovatif dan potensial untuk memberikan dampak positif pada masyarakat dalam berbagai aspek diantaranya peluang sumber pendapatan baru, pelestarian lingkungan hidup melalui pengurangan sampah an-organik dan keberlanjutan kehidupan perkotaan yang sehat menjadi faktor penentu keberhasilan tim ini.

Dr. Ni Made Emmi Nutrisia Dewi, ST., MT, Ketua Tim Peneliti, menyatakan rasa syukur dan bangganya atas pencapaian ini. “Kami sangat antusias dengan peluang untuk mengembangkan ide-ide inovatif dalam desain interior yang berfokus pada keberlanjutan dan pemanfaatan sampah an-organik. Dana hibah PKM dari DIKTI akan memungkinkan kami untuk mewujudkan gagasan visioner ini menjadi solusi konkret yang bisa diimplementasikan di masyarakat,” ujar Dr. Emmi.

Rektor IDB Bali, Dr. Ni Kadek Suryani, SE., S.I.Kom., MM., juga menyambut baik kabar ini dan mengapresiasi upaya para dosen dalam menciptakan terobosan di bidang desain. “Pencapaian ini adalah bukti nyata komitmen kami untuk terus mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi di luar lingkungan kampus. Kami berharap proyek ini akan memberikan manfaat nyata dan inspirasi bagi pengembangan perekonomian masyarakat,” kata Bu Rektor.

Dana hibah PKM yang diterima akan digunakan untuk pendanaan riset, pengembangan prototipe, serta kegiatan diseminasi hasil pengabdian. Tim pengabdian akan bekerja sama dengan mahasiswa, seluruh anggota TPS 3R KSM Kubu Lestari dalam proses perancangan dan pengembangan solusi kreatif yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perancangan dan pembuatan beberapa elemen interior sesuai semangat program 3R (Reduce, Reuse dan Recycle).

Keberhasilan Dosen Interior IDB Bali meraih dana hibah PKM dari DIKTI menjadi bukti bahwa kerja keras, kreativitas, dan inovasi dalam bidang desain dapat diapresiasi dan didukung oleh pihak-pihak terkait. Semoga hasil pengabdian kepada masyarakat ini dapat menjadi sumbangan berharga dalam pengembangan desain interior yang pro-lingkungan dan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat luas.