Seminar Nasional SENADA 2024: Merajut Sinergi Antara Manajemen, Desain, dan Teknologi Bisnis

Pada tanggal 25 April 2024, Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali menggelar acara bergengsi yang dinantikan oleh para praktisi dan akademisi di bidang desain dan bisnis, yakni Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi (SENADA) 2024. Tema yang diangkat adalah “Kolaborasi Multidisipliner: Merajut Jaringan Industri Kreatif Menuju Indonesia Emas”. Acara ini merupakan panggung inspirasi dan inovasi yang mempertemukan para pemikir dan praktisi terkemuka dari berbagai bidang, bertujuan untuk merajut gagasan kreatif dan solusi bisnis yang relevan dengan zaman menyongsong era Indonesia Emas.

Acara seminar dibuka secara resmi oleh Rektor IDB Bali yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu Ni Komang Prasiani, SE., MM selaku WR I Bidang Akademik. Seminar yang diikuti oleh 88 peserta dan pemakalah dari 13 Perguruan Tinggi se-Indonesia secara luring maupun daring ini, dicerahkan oleh sejumlah tokoh kunci yang menginspirasi peserta melalui paparan-paparan mereka. Keynote speaker pada acara ini antara lain Prof. Dr. Ni Nyoman Kerti Yasa, SE., M.S, yang membahas tren dan tantangan dalam bidang manajemen bisnis. Selain itu, Ir. Freddy Hendrawan, ST., MT., Ph.D, memberikan wawasan mendalam tentang desain interior dan arsitektur, sedangkan Dr. Adhi Nugraha, MA, menyampaikan pemikiran terkini mengenai metode dan tren desain komunikasi visual. Tak ketinggalan, Dr. Arini Arumsari, S.Ds., M.Ds, menyoroti perkembangan terbaru dalam dunia desain mode.

Para pembicara tersebut membuka wawasan baru dan memicu diskusi yang mendalam mengenai peran desain dalam menghadapi berbagai tantangan dalam dunia bisnis modern. Melalui serangkaian presentasi dan diskusi panel para peserta dipandu untuk memahami bagaimana desain dan bisnis saling melengkapi dan menjadi pendorong utama inovasi yang berkelanjutan. Acara dilanjutkan dengan kelas pararel untuk memberikan ruang presentasi dan diskusi bagi peserta sesuai minat dan keahlian bidang ilmu masing-masing.

Tidak hanya menjadi platform untuk berbagi pengetahuan, seminar ini juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk membangun jaringan dan kolaborasi antar profesional, serta menjalin kemitraan strategis untuk mengakselerasi perkembangan industri desain dan bisnis di Indonesia menyongsong era Indonesia Emas.

Dengan demikian, SENADA 2024 telah membuktikan diri sebagai acara yang tidak hanya inspiratif, tetapi juga menjadi momentum penting dalam menggalang komunitas desain, bisnis, dan teknologi untuk terus berkembang dan berinovasi demi mencapai kesuksesan yang berkelanjutan.