DOSEN IDB BALI RAIH HIBAH PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DARI KEMENRISTEK TAHUN ANGGARAN 2024

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh dosen-dosen Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali Denpasar yang berhasil meraih hibah dalam bidang penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Ir. Freddy Hendrawan, ST., MT., Ph.D dengan tim yang terdiri dari Dr. I Putu Gede Suyoga, ST., M.Si., Dr. Ramanda Dimas Surya Dinata, S.Sn., M.Sn, dan I Gede Yudha Pratama, S.Ds., M.Ds. berhasil memenangkan hibah Penelitian Fundamental dengan mengangkat judul Together in Difference: Identifikasi Model Desain Bangunan Tempat Ibadat Tri Dharma di Bali.

Selanjutnya, Dr. Ramanda Dimas Surya Dinata, S.Sn., M.Sn., ACP dengan tim I Gede Yudha Pratam, S.Ds., M.Ds, dan Ir. Freddy Hendrawan, ST., MT., Ph.D berfokus pada narasi fotografi budaya, berhasil meraih hibah dalam ruang lingkup Penelitian Dosen Pemula dengan judul Kajian Narasi Foto Tradisi dan Budaya Etnis Tionghoa pada TITD di Bali sebagai Representasi Harmoni dalam Multikulturalisme.

Dalam ruang lingkup Pengabdian kepada Masyarakat, hibah Kemenristek diperoleh Ni Komang Prasiani, SE., MM dengan tim Dr. Ni Made Emmi Nutrisia Dewi, ST., MT., mengangkat judul Pemberdayaan Pengolahan Limbah Kain Perca dan Plastik menjadi Aksesoris dan Tas oleh Kelompok Bali Cantik di Banjar Margatelu, Tabanan. Demikian juga, Putu Astri Lestari, SE., MM., Ak berkolaborasi dengan Sekolah Tinggi Bisnis Runata menyasar komunitas ibu-ibu di kawasan pesisir dengan mengangkat judul Peran Wanita Nelayan dalam Pengembangan Industri Krupuk Ikan: Pemberdayaan untuk Peningkatan Produksi di Kelurahan Serangan.

Para dosen berprestasi tersebut berhasil menerima hibah setelah melalui proses seleksi yang ketat dan kompetitif. Proyek penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diajukan tetap pada paradigma desain dengan fokus kajian budaya, media visual, dan hilirisasi keilmuan desain kepada masyarakat dengan berbagai inovasi teknologi ramah lingkungan untuk pengelolaan limbah industri dan peningkatan produksi rumah tangga. Selain itu, program pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Rektor Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali Dr. Ni Kadek Suryani, S.E., S.I.Kom., M.M, M.I.Kom menyatakan kebanggaannya atas pencapaian ini. “Kami sangat bangga dan mengapresiasi kerja cerdas para tim dosen IDB Bali tersebut sehingga berhasil memenangkan hibah Bima Kemenrsitek Dikti. Keberhasilan ini tidak hanya mengangkat nama IDB Bali, tetapi juga memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan dan masyarakat luas. Kami berharap hasil penelitian dan program pengabdian yang akan dilaksanakan dapat membawa perubahan nyata.”

Ketua LPPM Emilika Budi Lestari S.Sn., M.Sn juga sangat antusias menyambut keberhasilan tim dosen IDB Bali tersebut mengingat pihaknya sangat memahami perjuangan berat semua anggota tim sejak masa proses persiapan sampai pengiriman proposal hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tersebut. Pihaknya berharap tim dosen pemenang hibah dapat menyelesaikan kewajiban pelaporan tepat waktu dan luaran sesuai penugasan yang telah ditentukan. Semoga keberhasilan ini menjadi motivasi bagi dosen-dosen lainnya untuk mencoba berjuang pada tahun-tahun mendatang, sehingga lebih banyak peluangnya untuk meraih bantuan hibah dalam berbagai ruang lingkup yang ditawarkan melalui skema riset dan pengabdian pada platform Bima Kemenristek.  

Penghargaan dari Kemenristek ini menegaskan komitmen IDB Bali dalam mendorong penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas. Diharapkan, prestasi ini akan memotivasi dosen dan kolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi terbaik bagi ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.